Perangkat Bantu Jaringan Komputer

Perangkat bantu jaringan adalah perangkat yang berguna dalam membantu jaringan sehingga mampu mentransferkan data pada jarak yang telah ditentukan.


Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC), atau biasa disebut LAN Card adatah sebuah computer circuit board atau kartu yang terpasang pada sebuah komputer sehingga komputer tersebut mampu terkoneksi pada jaringan. Pada motherboard yang dijual di pasaran, LAN Card sudah disertakan di datamnya sehingga tidak pertu lagi membeli LAN Card.
Modem
Modem (Modulator Demodulator) mempunyai fungsi sebagai media untuk pengiriman data pada jarak jauh atau data pada jaringan global. Proses pengiriman data dilakukan secara serial dalam bentuk pulsa analog frekuensi tinggi dengan prinsip dasar modulasi. Untuk pengiriman jarak jauh digunakan sinyal analog, mengingat sinyal digital mempunyai jarak jangkau yang pendek sebagai akibat pengaruh redaman maupun derau pada media pengirimannya.

Sedangkan pada sinyal analog meskipun mempunyai kelemahan, yaitu terpengaruh oleh derau selama pengiriman. Hal ini dapat diatasi dengan pengiriman pada frekuensi tinggi. Modem terdiri dan dua macam, yaitu internal yang terpasang pada slot PCI dalam sebuah motherboard dan eksternal yang biasanya terpasang pada komputer menggunakan port USB maupun port com.
Bagi pengguna ADSL, disarankan untuk memilih modem router ADSL yang kualitasnya bagus. Modem standar yang disertakan dari ISP terkadang tidak mampu bertahan lama, datam artian cepat rusak. Hal tersebut dikarenakan modem standar dirancang untuk penggunaan di rumah, sementara warnet dan game center menggunakannya sehari penuh tanpa henti.

Untuk mencari modem router ADSL yang berkuatitas bagus, Anda dapat mengikuti berbagai forum yang membahas mengenai warnet dan game center. Anda dapat mencari tahu informasi modem apa yang cukup tahan digunakan secara terus-menerus.

Hub
Hub merupakan pusat koneksi semua node pada jaringan. Semua peralatan jaringan dihubungkan satu dengan yang lain melatui hub. Pada jaringan bertopologi star, hub adalah perangkat dengan banyak port yang menghubungkan antara beberapa titik komputer yang sudah terpasang sebuah LAN card (NIC) yang bergabung menjadi satu jaringan. Hub bertindak sebagai titik pengendali aktivitas sistem dalam jaringan juga untuk pengelolaan serta pengembangan jaringan.

Dari sisi pengelolaan ada dua jenis hub, yaitu manageable hub dan unmanageable hub. Manageable hub adalah hub yang dapat didikelola melalui software, sedangkan unmanageable hub tidak bisa. Sebuah hub dapat bersifat aktif atau pasif. Hub aktif bertindak sebagai repeater, yaitu hub ini meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Sedangkan hub pasif hanya bertindak sebagai kotak sambungan, yang akan membagi atau memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruh jaringan. Hub adalah pusat untuk topologi star dan meng­izinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada jaringan dengan mudah.
Switch
Switch Ethernet rnelakukan switching terhadap paket dengan melihat alamat fisiknya. Switch jenis ini bekerja pada lapisan data-link atau lapisan kedua dalam 0SI Reference Model. Switch-switch tersebut juga dapat melakukan fungsi sebagai bridge antara segmen-segmen jaringan LAN, karena mereka meneruskan frame ethernet berdasarkan alamat tujuannya tanpa mengetahui protokol jaringan apa yang digunakan.

Switch dapat dipasang secara transparan di dalam sebuah jaringan. Perangkat-perangkat tersebut tidak akan mengganggu komunikasi antara host dengan router. Switch mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC Addrees dari packet. Jadi, switch dapat secara drastis mengurangi trafik jaringan.
Konektor RJ-45
Konektor RJ-45 merupakan kabel ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor ini dipasang pada ujung-ujung kabel yang akan dipasang pada beberapa komputer sehingga komputer dapat terkoneksi dalam sebuah  jaringan. 
Plug Crimper
Plug crimper atau biasa disebut tang crimping merupakan sebuah alat untuk memasang ujung kabel dengan sebuah konektor. Cara kerjanya yaitu menyatukan kabel dengan konektor yang telah diposisikan kemudian menekannya.


Selain menyatukan kabel dengan konektor, plug crimper memiliki beberapa kemampuan untuk memotong dan mengupas kabel. Selain digunakan untuk konektor RJ45 plug crimper juga digunakan pada konektor komunikasi RJ11. Plug crimper ini dapat anda beli pada toko komputer dengan harga yang bervariasi tergantung merek dan fitur yang diberikan. 
Kabel Tester
Kabel tester ini merupakan media tranmisi yang berfungsi sebagai alat untuk mengetes kabel yang sudah jadi atau sudah anda buat apakah terhubung dengan benar atau belum. Kabel tester ada yang berbentuk analog dengan LCD screen dan ada juga yang berbentuk lampu indikator.

Comments :

0 komentar to “Perangkat Bantu Jaringan Komputer”

Posting Komentar