Desain Jaringan - Topologi Mesh

Jaringan Mesh merupakan sebuah cara untuk melakukan routing data, suara dan instruksi antar simpul. Jaringan mesh memungkinkan koneksi kontinu dan rekonfigurasi di jalur yang putus atau terblok. Caranya adalah dengan melakukan lompatan dari simpul ke simpul sehingga simpul tujuan terdeteksi.

Jaringan mesh berbeda dengan tipe jaringan lain di mana komponen dari jaringan mesh bisa saling terhubung menggunakan rute yang berlainan.

Jaringan mesh merupakan salah satu type jaringan yang bisa menyembuhkan diri sendiri atau dengan kata lain jaringan akan tetap bisa beroperasi walaupun ada simpul yang down atau koneksi jadi jelek.

Dalam menentukan desain jaringan komputer tentunya harus disesuaikan dengan tata letak ruangan atau tempat di mana akan perangkat kom­puter yang akan masuk dalam jaringan. Dengan demikian terjadi keserasian antara desain jaringan komputer dengan desain interior ruangan. Sebisa mungkin kabel yang digunakan untuk jaringan tidak terlihat karena hal tersebut bisa mengurangi estetika ruangan.

Untuk desain jaringan warnet dan game center sendiri digunakan desain jaringan dengan topologi star. Atau dapat juga gabungan dua topologi star tergantung jumlah perangkat komputer yang akan digunakan.

Comments :

0 komentar to “Desain Jaringan - Topologi Mesh”

Poskan Komentar