Software Internet pada Warnet & Game Center

Operasional warnet perlu adanya dukungan software-software pendukung, misalnya software browsing, chatting, dan sebagainya. Begitu juga game center yang membutuhkan software game sebagai software utama.

SOFTWARE BROWSING

Perangkat aplikasi utama dalam warnet adalah aplikasi browsing, dengan browsing sebagian besar kegiatan Internet dapat dilakukan. Pilihan untuk Browser adalah:
  • Internet Explorer 
  • Mozilla Firefox
  • Opera
  • Google Chrome
  • Apple Safari
Dari lima browser di atas, Internet Explorer secara otomatis akan terinstal pada sistem operasi Windows dan siap digunakan untuk browsing. Akan tetapi kapabilitas Internet Explorer tidak setangguh browser-browser lainnya. Untuk itu dibutuhkan browser lain untuk mendukung kegiatan browsing pada warnet. Dari beberapa browser yang disebutkan di atas, Mozila Firefox adalah browser yang disarankan untuk keperluan browsing.

Mozilla Firefox

Di antara sekian banyak software browser, Firefox merupakan software tangguh dan mudah digunakan. Dengan berbagai fitur dan kemampuan penyediaan dalam Bahasa Indonesia membuat Firefox menjadi pilihan utama untuk software browsing. Untuk menggunakan browser ini, Anda dapat mendownload langsung pada website resmi Mozilla dengan alamat http://www. firefox.com.

Opera

Selain menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser, Anda dapat pula menambahkan browser lain. Salah satunya adalah Opera. Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, dan Linux.

Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan tetekomunikasi terbesar di Norwegia. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa didownload gratis. Opera mempunyai banyak sekali pengguna di pasar browser. Alasan pengguna memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.

SOFTWARE CHATTING

Yang menarik dari Internet adalah adanya komunikasi antar dua pihak atau lebih dalam satu pembicaraan. Komunikasi tersebut disebut chat atau lebih dikenal dengan chatting.

Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger atau sering disingkat YM merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat didownload serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

Yahoo! tetah mengumumkan kerja sama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.
Untuk menjalankan Yahoo! Messenger, sebelumnya Anda dapat mendownload file instalasi Yahoo! Messenger pada alamat web resmi http://messenger.yahoo.com/download.

mIRC

IRC kepanjangan dari Internet Relay Chat. IRC merupakan suatu sistem komunikasi massal (multi user) di internet, yang memungkinkan para penggunanya untuk saling bertemu dalam satu ruangan di dunia maya yang disebut channel. Seorang pengguna yang berada di dalam sebuah channel dapat melakukan percakapan baik secara bersama-sama maupun secara pribadi dengan pengguna lain yang ada dalam channel tersebut.

Setiap channel mempunyai sebuah topik pembicaraan tertentu. Tidak ada batasan mengenai jumlah pengguna yang boleh berpartisipasi dalam pembicaraan tersebut. Tidak ada batasan mengenai jumlah channel yang dapat dibentuk dalam IRC.

FLASH PLAYER

Instalasi Flash Player dilakukan karena sekarang banyak website yang menampilkan animasi flash pada konten websitenya. Bahkan ada beberapa website yang sengaja untuk menampilkan website penuh dengan flash. Misalnya untuk website www.youtube.com akan membutuhkan plugin ini untuk menampilkan videonya.

Comments :

0 komentar to “Software Internet pada Warnet & Game Center”

Posting Komentar