Pemasangan Kartu Jaringan pada Warnet

Dalam membangun sebuah jaringan komputer diperlukan beberapa tahap, mulai memilih desain jaringan, memilih berbagai perangkat jaringan, sistem operasi, instalasi jaringan hingga pengesetan jaringan. Pada proses perancangan jaringan merupakan langkah yang sangat berpengaruh terhadap kinerjanya.

Pemilihan desain jaringan, perangkat keras, media transmisi, perangkat koneksi, dan sistem operasi harus dipertimbangkan dengan seksama. Suatu jaringan juga harus mempertimbangkan aspek-aspek lain, seperti tingkat kemampuan dari penggunanya serta tujuan dari pembangunan jaringan itu sendiri.

Pada kebanyakan usaha warnet dan game center, jaringan komputer yang digunakan adalah jaringan komputer dengan media transmisi kabel. Penggunaan media transmisi menjadi pilihan utama karena selain lebih ekonomis, penggunaan kabel juga lebih efektif dibandingkan menggunakan jaringan wireless.

PEMASANGAN KARTU JARINGAN

Walaupun telah banyak motherboard yang telah menyertakan port LAN Card, namun tidak ada salahnya jika Anda mengenal langkah-langkah pemasangan kartu jaringan sehingga apabila nantinya terjadi kerusakan pada port LAN Card bisa diganti dengan segera.

Pemasangan kartu jaringan pada motherboard. Dalam melakukan pemasangan kartu jaringan pada motherboard disesuaikan dengan kartu jaringan yang dimiliki. Jenis kartu jaringan ini ada dua, yaitu model ISA atau PCI. Jika kartu jaringan yang Anda miliki adalah model ISA, maka tidak dapat dipasangkan pada slot PCI dan begitu juga sebaliknya. Jadi, pemasangan kartu jaringan harus sesuai dengan slot ekspansi yang disediakan pada motherboard. Karena ukuran slot ekspansi yang tidak sama, maka akan mempermudah dalam pemasangan sehingga tidak mungkin tertukar.

Pemasangan kartu jaringan dapat dilakukan pada slot manapun selama slot tersebut tidak dipakai oleh komponen lain atau masih kosong. Berikut adalah langkah dalam pemasangan tersebut:
  • Matikan PC Client jika komputer masih dalam keadaan menyala.

  • Buka tutup casing dengan obeng.

  • Pasang LAN card di slot PCI (jika LAN card menggunakan PCI) pada PC Client.

  • Tutup kembali casingnya, kemudian hidupkan kembali PC.

  • Pada saat PC hidup, sistem akan langsung mendeteksi adanya perangkat yang baru terpasang.

  • Masukkan CD driver dan ikuti proses penginstalan driver sampai selesai.

  • Lakukan pada langkah yang sama pada PC client yang lain

Comments :

0 komentar to “Pemasangan Kartu Jaringan pada Warnet”

Posting Komentar