Perangkat Komputer Server

Perangkat komputer server sendiri adalah seperangkat komputer yang digunakan untuk administrasi jaringan. Untuk warnet dan game center sendiri membutuhkan perangkat komputer server yanag mampu melayani QOS (Quality Of Service), layanan squid atau dapat juga MikroTik RouterOS untuk administrasi jaringan.

Layanan QOS memungkinkan komputer server membagi koneksi secara merata. Yang dimaksud adalah besarnya koneksi internet yang didapatkan antar komputer client adalah sesuai dengan kecepatan koneksi yang diberikan. Misalnya per client dibatasi maksimal 128 kbps, maka komputer clieent tersebut mendapatkan kecepatan koneksi internet maksimal 128 kbps dan tidak bisa melewati kecepatan di atas 128 kbps.

Penggunaan perangkat komputer server dapat juga digunakan untuk squid server, yakni proxy server yang bertindak sebagai perantara antara jaringan lokal dan internet. Kelebihan yang dimiliki squid adalah bisa berfungsi sebagai cache. Dengan adanya cache ini, beberapa objek seperti file-file yang sering diakses oleh jaringan lokal akan disimpan dalam memori cache sehingga apabila dibutuhkan kembali, tinggal mengambil dari cache lokal dari squid. Dengan adanya cache ini maka akan menghemat bandwidth dari akses yang dilakukan lewat http.

Selain kedua hal di atas, anda dapat menggunakan MikroTik RouterOS untuk administrasi jaringan anda. MikroTik RouterOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless.

Keandalan MikroTik RouterOS untuk administrasi jaringan memungkinkan anda untuk mendapatkan layanan QOS serta layanan firewall yang baik. Namun untuk mendpatkan MikroTik RouterOS berikut lisensinya, anda harus mengeluarkan dana Rp 400.000 sampai dengan Rp 2.450.000 tergantung tingkatan lisensinya.

Comments :

0 komentar to “Perangkat Komputer Server”

Posting Komentar