Mengeset IP Address di Jaringan Komputer

Setelah selesai proses pembuatan kabel, langkah selanjutnya yaitu mengatur pengesetan jaringan komputer. Pengaturan jaringan komputer meliputi pengesetan IP Address, File Sharing, Printer Sharing, DNS, dan lain sebagainya.

MENGESET IP ADDRESS

Pengesetan IP address digunakan untuk memberi alamat pada NIC. Masing-masing komputer yang terkoneksi dengan jaringan komputer dalam 1 Local Area Network diberi alamat 1 IP. IP address be'rguna sebagai identitas universal yang mudah dikenali untuk setiap antarmuka komputer yang terhubung.

Cara pemberian alamat IP pada sistem operasi Windows secara umum sama, baik Windows 2000, Windows XP, maupun Windows 7, yaitu dengan cara mengatur properties pada Internet Protocol (TCP/IP). Pada kotak properties Internet Protocol (TCP/IP) akan ditampilkan baris IP Address, Subnet mask, Default gateway, dan sebagainya.

Kotak masukan tersebut harus diisi dengan angka sesuai dengan kelas dalam LAN. Biasanya penggunaan penomoran alamat IP pada jaringan warnet dan game center menggunakan kelas IP C, yaitu antara 192.168.0.0 sampai 192.168.255.255. Kelas C biasanya digunakan untuk jaringan dengan jumlah host yang tidak terlalu banyak atau jaringan komputer

Untuk langkah pengaturannya, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Klik Start Menu atau Icon Windows Dan klik Control Panel. Terlihat pada gambar  :
  • Setelah itu lihat menu Network and Internet lalu klik View network status and task. Terlihat pada gambar  :
  • Setelah itu klik Change adapter setting. Terlihat pada gambar  :
  • Setelah itu klik kanan pada Local Area Network lalu pilih properties. Pastikan Network Adapter tidak di disable. Terlihat pada gambar  :
  • Kemudian klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Nah setelah itu pilih Use the following IP Addres dan masukkan IP Address yang anda inginkan sesuai ketentuan jaringan anda seperti, Gatewaynya atau DNSnya. Setelah itu tekan OK.

Comments :

0 komentar to “Mengeset IP Address di Jaringan Komputer”

Posting Komentar